3005
Hits

TMC BPPT TERUS BERUPAYA KURANGI CURAH HUJAN JABODETABEK (V)

Fokus lokasi penyemaian awan dengan pesawat dilakukan di sekitar pantai barat dan barat laut Pulau Jawa dengan tujuan menghambat masuknya suplai udara yang banyak membawa uap air ke wilayah Jabodetabek. Hujan diturunkan lebih awal sebelum memasuki Jabodetabek sehingga tingkat curah hujan yang masuk Jabodetabek dapat berkurang. Selain dari udara, dilakukan juga penyemaian awan dari darat dengan menggunakan Ground Base Generator (GBG) yang terpasang di sejumlah lokasi dalam wilayah Jabodetabek, memanjang dari daerah hulu (selatan) hingga hilir (utara), tujuannya adalah untuk mengganggu pertumbuhan awan hujan di dalam wilayah Jabodetabek.

Pertumbuhan awan Senin (4/2) kemarin dimulai terlambat sekitar pukul 14.00 WIB sehingga hanya bisa dilakukan 1 sorti penerbangan penyemaian dari Posko Halim Perdanakusuma dengan pesawat Hercules pukul 13.47-15.20 WIB. Target penyemaian dilakukan pada sekumpulan sel awan Cu Congestus dengan rute memanjang dari timur Cikampek hingga barat daya Indramayu. Untuk sorti kedua tidak dapat dilaksanakan karena cuaca di Posko Halim maupun Posko Pondok Cabe tidak memungkinkan untuk melakukan penerbangan. Sementara itu aktivitas penyemaian dari darat menggunakan GBG tidak dilakukan. Sejauh ini, kegiatan penyemaian selama 10 hari terakhir relatif cukup berhasil mengurangi intensitas curah hujan dan resiko banjir di wilayah Jabodetabek.

Dini hari tadi, Selasa (5/2), terjadi banjir di wilayah Bekasi (Kecamatan Jatiasih dan Pondok Gede) akibat meluapnya Sungai Bekasi dan Sungai Cikeas. Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta bagian selatan hingga ke daerah Bogor sejak sore hingga malam hari menyebabkan debit aliran Sungai Bekasi dan Sungai Cikeas cukup tinggi. Perbaikan tanggul sungai di daerah tersebut yang masih belum permanen pasca banjir besar tanggal 17 Januari 2013 lalu tidak mampu menahan tingginya aliran debit sungai, sehingga luapan air dari Sungai Cikeas dan Sungai Bekasi merendam perumahan warga di daerah tersebut (Detiknews.com).

Hari ini (5/2), curah hujan diprediksi akan tinggi sampai besok. Oleh karena itu direncanakan dilaksanakan 2 sorti penerbangan Hercules dan 2 sorti penerbangan CASA 212-200 sembari tetap bersiaga mengaktifkan penyemaian dari darat dengan GBG. Realisasi penyemaian awan hari ini selengkapnya nanti tergantung pada kondisi cuaca dan dinamika atmosfer yang terus dipantau setiap saat sejak pagi hingga sore hari nanti. (SRA/humas/poskoTMC)