6164
Hits

Wujudkan Teknopark di Sumbawa, BPPT Gandeng Universitas dan Pemerintah Sumbawa

 

 

Kepala BPPT, Unggul Priyanto, dalam sambutannya memberikan pemaparan bagaimana Teknopark sebagai kawasan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi (IPTEKIN) dapat membawa dampak yang besar tidak hanya dalam bidangan keilmuan saja, namun juga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal di kawasan Sumbawa. 

 

"Kerja sama antara BPPT, UTS (akademisi) dan Pemerintah daerah ini diharapkan dapat menjadi batu landasan untuk pengembangan teknopark kedepannya," ungkap Unggul di Auditorium UTS, Kamis, (12/3).

 

Kerja sama mengenai pengembangan Teknopark di UTS dituangkan dalam dua Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Kepala BPPT dan Rektor UTS Arief Budi Witarto. MoU kedua ditandatangani oleh Kepala Balai Inkubator Teknologi (BIT) BPPT Anugrah Widiyanto dengan Staf Ahli Bupati Sumbawa Muhammad Ikhsan Safitri.

 

Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT-BPPT) Tatang Akhmad Taufik dalam kuliah umum mengenai technopreneurship (kewirausahaan berbasis teknologi) menjelaskan bagaimana technopreunership dapat membawa UTS menjadi technopreneurial university melalui program-program kuliah technopreneur dan pengembangan pusat inovasi.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPPT didampingi anggota DPR RI, Zulkieflimansyah berkunjung ke Kantor Bupati Sumbawa. Rombongan diterima oleh Wakil Bupati, Arasy Muhkan dan melakukan rapat tertutup untuk meminta dukungan Pemerintah Daerah Sumbawa untuk bersama-sama mengembangkan Teknopark di UTS.

 

"Karena hanya dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah serta peran akademisi UTS, Science dan Techno Park dapat terwujud dan mempercepat pertumbuhan ekononomi di Sumbawa seperti kerjasama yang telah berhasil dilakukan oleh BPPT dengan Kabupaten Bantaeng," tutup Unggul. (IP/SS/SYRA/Humas)