5496
Hits

KA Ekspres Jakarta-Surabaya, Kepala BPPT: Kita Lakukan Pra Studi Untuk Dapatkan Data Sesungguhnya

Administrator
06 Jun 2017
Layanan Info Publik


Unggul menambahkan, saat ini banyak keinginan-keinginan yang muncul dari berbagai pihak, misalnya tentang waktu tempuh dan kecepatan maksimal kereta.


"Presiden menginginkan waktu tempuhnya jangan terlampau cepat agar bisa tetap bersanding dengan moda angkatan udara. Disini fungsinya pra studi kelayakan. Kita akan cari yang terbaik sesuai data objektif," papar Unggul.


Hal serupa juga dikatakan Rektor ITB, Kadarsah Suryadi. Menurutnya dengan adanya kerjasama seperti ini, akan meringankan beban pekerjaan negara.


"Tantangan kedepan ketika kereta api ekspres ini sudah beroperasi adalah tentang kesiapan pemeliharaan dan sumber daya manusia yang menjalankan sistem. Kami di ITB juga ikut memikirkan hal tersebut," jelas Kadarsah.


Untuk diketahui, selain dengan ITB, BPPT juga menggandeng Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Institut Teknologi Surabaya (ITS) dalam pra studi uji kelayakan.


Pihak ITB akan melakukan pra studi wilayah Jakarta-Cirebon, sementara wilayah Cirebon-Semarang akan uji oleh pihak Undip dan ITS untuk wilayah Semarang-Surabaya. (Humas/HMP)