780
Hits

Inagurasi Tenant Balai Inkubator Teknologi

Septa Adi
15 Dec 2021
Kebijakan Teknologi

Serpong (14/12) Balai Inkubator Teknologi sukses menyelenggarakan inagurasi tenant secara hybrid sebagai bentuk apresiasi kepada para tenant yang lulus dari proses inkubasi sekaligus melaksanakan sosialisasi capaian kegiatan inkubasi. Sepanjang tahun 2021, Balai Inkubator Teknologi telah menginkubasi 6 tenant yang dibiayai melalui DIPA dan 4 tenant yang dibiayai oleh Program Startup Inovasi Indonesia. Dalam perjalanannya, Balai Inkubator Teknologi menghasilkan 77 tenant graduate, 61% tingkat keberhasilan bisnis tenant graduate, dan 394 serapan tenaga kerja dari kegiatan inkubasi. Survei yang diselenggarakan pada tahun 2020 menunjukkan raihan total omzet senilai Rp 84 M dari 44 startup teknologi dan jumlah pajak yang disetorkan oleh tenant mencapai Rp 5 M.

 

Plt. Deputi Bidang Infrastruktur Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi  Nasional yang diwakili oleh Plt. Direktur Penguatan dan Kemitraan Infrastruktur Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional, Dr. Robertus Heru Triharjanto, B. Eng, M.sc. dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya  integrasi BRIN akan membuat perubahan kebijakan program startup inkubasi di masa mendatang. BRIN berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan program inkubasi dengan harapan dapat menghasilkan banyak lapangan pekerjaan dan bagi perusahaan startup yang diinkubasi dapat melakukan scale up pada bisnisnya.

 

Pada kesempatan yang sama turut disampaikan paparan Program Kegiatan Tahun 2022 dan Program Dukungan Pengembangan Startup oleh Plt. Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Kementerian/Lembaga, Masyarakat, dan UMKM Badan Riset dan Inovasi Nasional, Plt. Direktur Penguatan dan Kemitraan Infrastruktur Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional, serta paparan program dari PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia. Acara dimeriahkan dengan pembacaan capaian tenant, penyerahan sertifikat penghargaan, penyampaian success story dari tenant graduate, dan sesi live pitching.

 

Sepanjang tahun 2021, Balai Inkubator Teknologi telah menginkubasi 6 tenant yang dibiayai melalui DIPA dan 4 tenant yang dibiayai oleh Program menghasilkan 77 tenant graduate, 61% tingkat keberhasilan bisnis tenant graduate, dan 394 serapan tenaga kerja dari kegiatan inkubasi. Survei yang diselenggarakan pada tahun 2020 menunjukkan raihan total omzet senilai Rp 84 M dari 44 startup teknologi dan jumlah pajak yang disetorkan oleh tenant mencapai Rp 5 M.

 

Sebagai informasi delapan tenant yang telah dinyatakan lulus adalah : PT Tristania Vegetasi Indonesia, PT. Cita Indonesia Bersih, CV. Nawasena Pangan Kreatif, PT Sentosa Puyuh Indonesia, PT Sang Juara Nusantara, PT Innovasi Teknologi Desa, PT Zepatos Inovasi Indonesia dan PT Akuanutrindo Sukses Makmur. (jw)